Monday, March 6, 2017

Cantiknya Bunga Wijaya Kusuma – 1

b5 IMG_0941-horz

Beberapa waktu lalu, saat sedang berada di rumah Eyang di PasarRebo (Jakarta Timur), aku sempat mengambil sebatang daun tanaman wijaya kusuma (Epiphyllum sp.) kecil yang ditanam di sebuan Taman PKK yang ada disekitar rumah Eyang.

Saat kembali ke Jonggol (Bogor - Jawa Barat), oleh istri, bagian tanaman wijaya kusuma kecil tersebut lalu ditanam disebuah pot plastik kecil yang berasal dari potongan botol plastik sebuah minuman.

b2 IMG_0937

Beberapa waktu kemudian, potongan tanaman wijaya kusuma kecil tersebut mulai tumbuh dan bertunas di beberapa bagian. Pada suatu hari tanaman wijaya kusuma kecil itu pun mulai mengeluarkan tunas bakal bunganya…wah..senangnya…

b1 IMG_0945

Akhirnya pada suatu malam, bunga tanaman wijaya kusuma kecil tersebut pun mekar…waahhh…cantiknya….sayangnya bunga wijaka kusuma kecil ini hanya mekar semalam saja ya, esok paginya bunga wijaya kusuma kecil tersebut pun mulai layu…

a7 IMG_0693

Selain yang kecil, beberapa waktu kemudian, istri juga menanam tanaman wijaya kusuma yang ukurannya lebih besar. Potongan bagian tanaman wijaya kusuma yang lebih besar itu didapat dari tetangga sebelah rumah yang kebetulan pada suatu hari melakukan pemangkasan tanaman wijaya kusuma miliknya. Beberapa bagian tanaman wijaya kusuma yang lebih besar itu kemudian diminta oleh istri dan ditanam disebuah polybag. Klik link berikut untuk melihat seperti apa bunga tanaman wijaya kusuma yang lebih besar.

Klik link untuk melihat Klasifikasi ilmiah Tanaman Wijaya Kusuma

No comments:

Post a Comment

Pageviews minggu ini