Monday, February 13, 2017

Bunga Eceng gondok

Cantiknya bunga eceng gondok

Pada suatu hari, saat mengajak anak bermain ke sebuah rawa yang berada tidak jauh dari rumah eyangnya kaka Dai dan dede Yas, eh ternyata disana sedang musim berbunga-nya tanaman air si eceng gondok. Bunga-bunga tanaman air eceng gondok tampak banyak bermekaran di beberapa tempat di rawa tersebut. Tanaman air eceng gondok yang punya nama latin / nama ilmiah Eichhornia crassipes ini memang berkembang dengan cepat di rawa tersebut ya. Kalau saja tidak pernah dibersihkan, bisa-bisa rawa tersebut akan tertutupi oleh tanaman air eceng gondok ini.

Cantiknya bunga eceng gondok 2

Tanaman air eceng gondok yang punya nama lokal antara lain kelipuk (Palembang), ringgak (Lampung), ilung-ilung (Dayak), tumpe (Manado) dan nama dalam bahasa Inggris (common) water hyacinth ini, selain bunganya yang cukup cantik, ternyata merupakan salah satu tanaman yang mempunyai manfaat sebagai untuk kesehatan juga ya, dapat menjadi obat herbal antara lain untuk: mengobati sakit gigi, mengobati tenggorokan panas, mengatasi sakit perut, sebagai obat asma, mengeringkan bisul, mengobati gatal pada kulit, sebagai obat biduran, mengatasi kencing tidak lancar, memperbaiki fungsi hati, mengobati penyakit maag, meredakan deman dan panas pada anak-anak.

Cantiknya bunga eceng gondok 3

Selain bisa menjadi obat herbal, tanaman air eceng gondok ini juga mempunyai manfaat lain seperti menjadi pakan ternak (misalnya menjadi pakan untuk bebek, itik, kambing, ikan lele, nila), bisa menjadi pupuk organik, bahan bakar biogas, penjernih air alami, penyerap logam berat, dan dapat menjadi bahan untuk kerajinan tangan dan furniture.

Cantiknya bunga eceng gondok 4

Namun selain hal yang positif, ada juga hal negatifnya ya. Karena pertumbuhan tanaman air eceng gondok sangat cepat, jika tidak terkontrol, ia dapat mematikan kehidupan biota air dibawahnya karena tanaman air eceng gondok akan menghambat masuknya sinar matahari ke dalam air sehingga kadar oksigen dalam air pun dapat berkurang. Selain itu eceng gondok yang mati akan mengendap ke dasar danau atau rawa sehingga dapat menyebabkan pendangkalan danau atau rawa. Eceng gondok pun dapat menjadi sarang penyakit karena adanya bakteri ataupun hewan bervirus yang tumbuh dan tinggal di tumpukan eceng gondok, terutama yang tumbuh liar, yang dapat menyebabkan beberapa penyakit.

Cantiknya bunga eceng gondok 5

referensi:
- https://id.wikipedia.org/wiki/Eceng_gondok
- https://en.wikipedia.org/wiki/Eichhornia_crassipes
- http://www.tanobat.com/eceng-gondok-ciri-tanaman-serta-khasiat-dan-manfaatnya.html
- http://tradisioanal-obat.blogspot.co.id/2016/05/11-manfaat-eceng-gondok-untuk-kesehatan.html
- http://manfaat.co.id/9-manfaat-eceng-gondok-bagi-ternak-ikan-dan-manusia

No comments:

Post a Comment

Pageviews minggu ini